Makalah pemudan dan Kepramukaan




KATA PENGANTAR
Puji dan syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT, atas segala rahmat dan karunia-Nya. Akhirnya saya dapat menyelesaikan Makalah Siaga dan penggalang.berbagai kesulitan telah saya alami, baik dalam pencarian materi maupun dalam menyusun makalah ini.
Makalah ini disiapkan dengan upaya dan usaha saya yang dirasakan semaksimal mungkin, tetapi saya berkeyakinan ini tidak akan mencangkup kepada semua hal-hal yang termasuk kedalam Materi Siaga dan Penggalang  dan saya berkeyakinan ini dapat memberikan pengetahuan bagi pembacanya walaupun sedikit. Hal ini di sebabkan karena terbatasnya kemampuan saya.
 Dalam penulisan makalah ini, saya sebagai penulis menyadari bahwa masih jauh dari sempurna, maka saya dengan penuh kerendahan hati menerima saran dan kritik yang bersifat membangun.
           

Makassar, 25 September 2016
Penulis


                                                                                                Muhammad Sakir

                  


DAFTAR ISI
Cover
Kata Pengantar                                                                                               i
Daftar isi                                                                                                         ii
BAB    I           PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang                                                                 1
B.     Rumusan Masalah                                                            1
C.     Tujuan Penulisan                                                              2
BAB    II         PEMBAHASAN                                                                   
A.    Materi Siaga
1.      Mengenal Golongan Pramuka siaga                               3
2.      Permainan Dalam  Pramuka Siaga                                 4

B.     Materi Penggalang

1.     Golongan Pramuka Penggalang                             7

2.     Satuan Pramuka Penggalang dan Kegiatanya            10
BAB    III        PENUTUP                                                                             
A.    Kesimpulan                                                                      13
B.     Saran                                                                                13
DAFTAR PUSTAKA                                                                                                13



 


BAB I
PENDAHULUAN
A.       Latar Belakang
Seperti yang kita ketahui Pramuka Siaga adalah pramuka yang berada pada tingkat paling awal di dalam pendidikan kepramukaan, barulah kemudian disusul oleh pramuka penggalang, pramuka penegak dan pandega. 
Untuk materi pramuka ini sendiri walaupun pramuka siaga lebih banyak bermain, namun pemahaman ini penting bagi pembina pramuka di dalam mengembangkan potensi peserta didik usia siaga.

Golongan Pramuka Penggalang merupakan Tingkatan di dalam Kepramukaan setelah Pramuka Siaga, Pada Jenjang sesuai akademisnya pramuka penggalang disamakan dengan usia pendidikan setara SMP. 
Seperti kita ketahui ada Empat Golongan Peserta didik di dalam Pramuka yaitu, Siaga Penggalang, Penegak dan Pandega. Pada kesempatan kali ini kita akan lebih jauh berkenalan dengan Pramuka Penggalang mulai dari Apa Itu Pramuka Penggalang, Kode Kehormatan Pramuka Penggalang yang terdiri dari Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka, Petunjuk Seragam Pramuka yang digunakan oleh Pramuka Penggalang Serta tingkatan dan Tanda Jabatan yang digunakan oleh pramuka penggalang.

B.       Rumusan Masalah
A.    Materi Siaga
1.      Pengertian siaga ?
2.      Apasajakah Permainan Dalam  Pramuka Siaga ?
B.     Materi Penggalang

1.     Pengeertian Golongan Pramuka Penggalang ?

2.     Apa Satuan Pramuka Penggalang dan Kegiatanya ?

C.       Tujuan Penulisan
1.      Dapat Mengetahui dan Mengenal Golongan Pramuka Siaga Danm Penggalang
2.      Mengetahui Permainan-Permainan dalam Pramuka Siaga
3.      Menambah Wawasan Mengenai Kepramukaan


















BAB II
PEMBAHASAN
A.     Materi Siaga
1.     Mengenal Pramuka Siaga
Seperti yang kita ketahui Pramuka Siaga adalah pramuka yang berada pada tingkat paling awal di dalam pendidikan kepramukaan, barulah kemudian disusul oleh pramuka penggalang, pramuka penegak dan pandega.
Siaga adalah sebutan bagi Anggota Pramuka yang berumur antara 7-10 tahun. Disebut Pramuka Siaga karena sesuai dengan kiasan (kiasan dasar) masa perjuangan bangsa Indonesia, yaitu ketika rakyat Indonesia meyiagakan dirinya untuk mencapai kemerdekaan dengan berdirinya Boedi Oetomo pada tahun 1908 sebagai tonggak awal perjuangan bangsa Indonesia. 
Tingkatan Dalam Pramuka Siaga
Seperti halnya pramuka penggalang dan penegak, pramuka siaga juga memiliki tingkatan di dalam SKUnya. Tingkatan pramuka siaga adalah sebagai berikut :
·         Siaga Tata
·         Siaga Mula
·         Siaga Bantu




Tanda Kecakapan Umum Pramuka Siaga

Kode Kehormatan Pramuka Siaga
Kode Kehormatan Pramuka Siaga adalah dwi satya dan dwi dhama yang berisi sebagai berikut :

Dwi Satya
Demi kehormatanku aku berjanji akan bersungguh- sungguh, 
·         Menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan Yang Maha Esa, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan menurut aturan keluarga. 
·         Setiap hari berbuat kebaikan.
Dwi Dhama
1.      Siaga itu patuh pada ayah dan ibundanya. 
2.      Siaga itu berani dan tidak putus asa.

2.     Permainan Pramuka Siaga 

Pramuka Siaga tentu tak lepas dari permainan unik, permainan di dalam pramuka harus memiliki nilai pendidikan atau unsur manfaat, begitu pula dengan beberapa permainan pramuka siaga yang akan admin bagikan kepada sahabat tunas kelapa semuanya, terutama bagi pembina pramuka yang mendidik peserta didik dengan cara yang lebih kreatif karena masih menjadi tanggung jawab pembina pramuka yang baik.
Permainan Pramuka Siaga ini dapat dikembangkan lagi oleh pembina pramuka agar lebih kreatif. Beberapa diantaranya adalah permainan yang memang cocok dilakukan di luar pramuka, terutama untuk untuk usia Taman Kanak Kanak dan Sekolah Dasar.

Kumpulan Permainan Pramuka Siaga Kreatif dan Mendidik

Gambar Pramuka Siaga

Permainan I :  Bintang Berpindah

Posisi Awal :
Lingkaran Besar
 Aturan Bermain
Pramuka Siaga bergandengan dua-dua, muka belakang rapat, jarak pasangan yang satu dengan yang lain 3 meter. seorang dari regu A dan regu B menjadi bintang yang pindah. Ke dua anak ini siap di tengah lingkaran. Satu dengan yang lain jaraknya 3 m. Dengan aba-aba dari Pembina, B berlari menempel salah satu pasangan di depannya. A mengejar dan menepuk B, sebelum menempel pada salah satu pasangan. Bila Bmenempel pada salah satu pasangan sebelum kena, maka anak yang di belakang yang di temple b harus lari dan pindah menempel di depan pasangan lain.
Demikian seterusnya. Bila yang lari kena tepuk, maka mereka mejadi pasangan bintang baru. Pembina menunjuk lagi 2 orang, 1 dari regu C dan satu lagi dari regu D, untuk menjadi bintang yang akan kejar-kejaran. Permainan diteruskan bila anak yang di kejar terlalu jauh meninggalkan lingkaran, di anggap telah kena tepuk.
                        Cara Penilaian :
Pramuka Siaga yang dapat menepuk mendapat angka 1, yang di tepuk nilainya kurang 1. Regu yang mendapat nilai terbanyak menang. 
 Permainan II : Musang dan Ayam
Posisi Awal 
Lingkaran besar dan pramuka siaga bergandengan
Aturan Bermain
2 (dua) orang dari regu A ditunjuk sebagai musang bersiap diluar lingkaran. Semua anak dari regu B sebagai ayam bersiap di dalam lingkaran. Anak yang lain membentuk lingkaran , bergandengan tangan, berjalan dan bernyanyi. Musang berusaha menangkap ayam dan ayam berusaha menghidar dengan lari keluar masuk lingkaran. Bila ayam melewati lingkaran di biarkan, tapi kalau musang yang akan masuk di haling-halangi. Ayam yang tertangkap , berhenti bermain dan berdiri di luar lingkaran. Musang mendapat angka kira-kira bermain 5 menit musang dan ayam diganti regu yang lain. Sampai semua regu mendapat giliran menjadi musang.

Cara Penilaian 
setelah permainan selesai , regu terbanyak nilainya menang. 

B.       Materi Penggalang

1.   Mengenal Golongan Pramuka Penggalang

Penggalang adalah sebuah tingkatan dalam pramuka setelah siaga. Biasanya anggota pramuka tingkat penggalang berusia dari 11-15 tahun.
Tingkatan di Dalam Pramuka Penggalang
Ada Empat Tingkatan didalam Pramuka Penggalang, dimana untuk mendapatkan tingkatan tersebut setiap pramuka penggalang harus memenuhi Syarat Kecakapan Umum (SKU) dan resmi di lantik sebelum menggunakan tanda jabatan. 
·         Penggalang Ramu
·         Penggalang Rakit
·         Penggalang Terap
·         Penggalang Garuda
Tanda Kecakapan Umum Pramuka Penggalang
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgF97u0MqujaCg8nQ8h9Gmnd8CCZJRPGBR42Z3QroI2M5HtR78VezIRpA8F_IQOmBQoSGsKJ4vylGPnza0VXVaaf-SFWknWcGhPFd6JfCltmUGaIadkhshmWsucUHYemU8wiJoEftLFxMM/s1600/penggalangramurakitterapgaruda.jpg
Gambar Tanda Jabatan Tingkatan Pramuka Penggalang

Kode Kehormatan Pramuka Penggalang
Kode Kehormatan Pramuka Penggalang terdiri dari Satya (Janji) Dharma (Kode Moral) sering disebut dengan Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka.

Tri Satya

Demi kehormatanku aku berjanji akan bersungguh-sungguh :
Menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan mengamalkan Pancasila. Menolong sesama hidup dan mempersiapkan diri membangun masyarakat. Menepati Dasadarma

Dasa Dharma Pramuka 

1.      Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
2.      Cinta alam dan kasih sayang kepada manusia
3.      Patriot yang sopan dan ksatria
4.      Patuh dan suka bermusyawarah
5.      Rela menolong dan tabah
6.      Rajin, trampil dan gembira
7.      Hemat cermat dan bersahaja
8.      Disiplin, berani dan setia
9.      Bertanggung jawab dan dapat dipercaya
10.  Suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan

Seragam Pramuka Penggalang
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg_VnvF6_SRdjq2Ntx7Ecf7ASTkVhq0cRBnusXC2NFRIEEv3T3vv4xkAwmmjzILUsZorEAEkgNfWaY602KhrpMfqJzetJu3hXiLPzuGdHE2wxYwkLRJnhqDy2saiwGeX8B7OIKg8Rhhokc/s1600/seragamharianpenggangputra8263.png

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiwUCH6w1boH-g6B3XCoGSV9ewZvh_Z8icDK0tOsKQyGHuC-N5uhRs-8QXe13r_Zj30mEOimF38UloRhz9mU2mIU7osK2O3c9TO4c0d0W7qmBkjUkoz0TI_OU8I5MaX6kNkfwz9G8c0lSs/s1600/seragam+pramuka+penggalang+putri.png


2.     Satuan Pramuka Penggalang dan Kegiatanya

Setelah Mengenal Pramuka Penggalan tulisan sebelumnya, kali ini kita membahas sedikit tentang Satuan Pramuka Penggalang Serta kegiatan kegiatan yang dilaksanakan oleh golongan pramuka penggalang

Pengorganisasian Pramuka Penggalang

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgjrfwStSgO-AnvNd2lSnTOTOYDyYbH_4bA5jNRzwBeUmVzEhDmopr0IdyDm5Jtpe7430b3uxWMvPiOA66d5_GJPXPgI6_qX5sdF2TpmKs7HgXsUM1u5GHaJcho_oQyYFrchwvCIVp0ITA/s320/kegiatan+pramuka+penggalang.jpg
Pramuka Penggalang Sedang Berbaris Rapi

Didalam menjalankan Fungsi Pramuka, penggalang sebagai salah satu golongan pramuka juga diatur dengan pengorganisasian yang rapi. Satuan terkecil pramuka penggalang disebut dengan "regu". Untuk memberi nana regu, regu putra dinamai dengan nama Hewan seperti Regu Harimau, Regu Elang, Regu Rajawali, dan lain sebagainya, sedangkan untuk Regu putri diberikan nama bunga bunga seperti Regu melati, regu mawar, regu tratai dan lain sebagainya.
1 Regu Pramuka yang terdiri dari 5 s.d 10 orang di pimpin oleh Pimpinan Regu disingkat Pinru dan Seorang Wakil Pimpinan Regu disebut disingkat Wapinru untuk menjalankan regunya.
Pinru mempunyai hak dan kewajiban antara lain: membantu pembina dalam melatih anggota regunya, merencanakan kegiatan bagi regunya, memilih wakil pemimpin regu, menjadi anggota Dewan Penggalang, serta memilih Pemimpin Regu Utama (Pratama).
Empat regu dihimpun dalam satuan yang lebih besar yang dinamakan ‘pasukan’. Pasukan dipimpin oleh seorang Pemimpin Regu Utama atau disebut Pratama. Pratama sendiri dipilih dari dan oleh para pimpinan regu anggota pasukan tersebut. Dalam kegiatannya, pasukan dibimbing oleh seorang pembina penggalang dengan dibantu oleh dua pembantu pembina. Berbeda dengan siaga, pembina dan pembantu pembina penggalang dipanggil dengan sebutan ‘kakak’ baik untuk putra maupun putri.
Dalam pasukan juga dibentuk ‘Dewan Pasukan Penggalang’ atau ‘Dewan Penggalang’. Dewan ini bertugas mengurus dan mengatur kegiatan-kegiatan Pasukan Penggalang serta mengurusi tata tertib dan tata usaha Pasukan. Dewan Penggalang beranggotakan semua Pemimpin Regu dan Wakil Pemimpin Regu dalam sebuah pasukan yang diketuai oleh Pratama. Sedangkan pembina dan pembantu pembina bertindak sebagai penasehat dan pembimbing namun mempunyai hak untuk mengambil keputusan akhir.
Selain itu juga terdapat Dewan Kehormatan bertugas membina kepemimpinan dan rasa tanggung jawab para pramuka seperti menentukan pelantikan, pemberian TKK dan Tanda Penghargaan, Pelantikan Pinru, Wapinru dan Pratama, menentukan tindakan atas pelanggaran kode Kehormatan dan merehabilitasi anggota Pasukan. Ketua Dewan Kehormatan adalah Pembina Penggalang, wakilnya Pembantu Pembina dan sekretarisnya Pinru. 


Kegiatan Pramuka Penggalang
Apa saja kegiatan kegiatan yang diikuti oleh Pramuka Penggalang? 
Ada Jambore mulai dari ranting sampai tingkat nasional (baca Struktur Organisasi Gerakan Pramuka), Lomba Tingkat, Gladian Pimpinan Regu (Dianpinru), Forum Penggalang, Penjelajahan, JOTA (Jamboree on the Air), JOTI (Jamboree on the Internet), dan perkemahan lain.

 

 















BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Siaga adalah sebutan bagi Anggota Pramuka yang berumur antara 7-10 tahun. Disebut Pramuka Siaga karena sesuai dengan kiasan (kiasan dasar) masa perjuangan bangsa Indonesia, yaitu ketika rakyat Indonesia meyiagakan dirinya untuk mencapai kemerdekaan dengan berdirinya Boedi Oetomo pada tahun 1908 sebagai tonggak awal perjuangan bangsa Indonesia. 
Penggalang adalah sebuah tingkatan dalam pramuka setelah siaga. Biasanya anggota pramuka tingkat penggalang berusia dari 11-15 tahun.
B.     Saran
Sehubungan dengan hasil penulisan makalah ini, penulis menyarankan kepada para pembaca agar diadakan pengkajian lanjutan yang berjudul sama dengan makalah ini, agar ditemukan Materi Golongan pramuka siaga dan Penggalang yang lebih baik.




DAFTAR PUSTAKA
http://www.pramukaindonesia.com

Komentar

  1. How do make money from online gambling
    You can find money from online casinos in the United หารายได้เสริม States, but 메리트카지노 you'll find a better option if you live in your country. Here are the ways 제왕카지노 to make money on

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sarana dan Prasarana Olahraga Senam

Implementasi Manajemen penjas di sekolah